Selasa, 20 November 2012

10 Kalimat Ir. Soekarno yang Terkenal




Ir. Soekarno atau yang biasa disapa Bung Karno ini mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Beliau merupakan salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia dan menjabat sebagai presiden pertama Indonesia. Bung Karno juga terkenal dengan pidatonya yang bersemangat dan berapi-api. Dari pidato beliau, banyak kalimat-kalimat yang terkenal hingga saat ini. Berikut 10 kalimat Ir. Soekarno yang terkenal.

1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan meneruskan perjuangan para pahlawannya.

2. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

3. “Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.

4. “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

5. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.

6. Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad 'Merdeka, merdeka atau mati'!

7, Dalam pidatoku, "Sekali merdeka tetap merdeka"! Kucetus semboyan: "Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan".

8. Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali ! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia.

9. Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai imagination!

10. Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!

Bagikan

Enjoy our articles

10 Kalimat Ir. Soekarno yang Terkenal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Do you like our content? Subscribe us.

1 komentar:

Tulis komentar