Minggu, 08 Oktober 2017

Review Asus Vivobook S15 S510UQ: Ultrabook Powerful di Bawah 10 Juta



Di era sekarang yang mengandalkan kecepatan, orang-orang dituntut memiliki mobilitas yang tinggi untuk melakukan segala sesuatu. Dimanapun dan kapanpun mereka berada, mereka harus melakukan segala aktivitas dan pekerjaannya dengan sempurna. Untuk melakukannya, mereka memerlukan perangkat dengan semua fitur dan fungsi yang mampu mendukung aktivitas sehari-hari. Tentu perangkat yang dibutuhkan seperti notebook harus memiliki portabilitas yang dapat dibawa kemanapun dengan nyaman dan mudah. Sebagai brand notebook yang menempati peringkat 1 dengan pasar terbesar di Indonesia (berdasarkan data GfK 2017), Asus tahu betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, terutama bagi mereka yang menginginkan notebook yang mendukung portabilitas dan mobilitas sehari-hari. Melalui event The Edge of Beyond, Asus meluncurkan jajaran lini produk terbarunya seperti Asus Zenbook 3 Deluxe, Asus Zenbook Pro, Asus Zenbook Flip S, Asus ROG Zephyrus GX501, Asus Vivobook Pro, dan Asus Vivobook S. Dari semua lini notebook yang mengadopsi gagasan Less is the New Luxury, salah satu seri Asus Vivobook S, yaitu Vivobook S15 S510UQ merupakan salah satu pilihan terjangkau yang mampu memenuhi portabilitas pengguna. Lalu seperti apakah kehebatan Asus Vivobook S15 S510UQ ini? Apakah selain menawarkan bentuk yang indah dan ringkas, ia memiliki performa yang mumpuni? Mari simak review notebook ini secara detil.




Dilihat dari segi desain, Asus Vivobook S15 S510UQ hadir dengan perpaduan bahan logam, aluminium, dan plastik. Pada sisi belakang layar, yaitu LCD cover dibalut dengan bahan logam serta tambahan finishing brushed aluminium. Bahan aluminium ini bukan jenis yang tebal, sehingga berpengaruh pada bobot notebook yang ringan. Selebihnya, bagian workstation hingga ke bottom case terbuat dari bahan plastik. Notebook ini hadir dalam warna Icicle Gold, yang menambah kesan bahwa notebook ini tidak main-main dengan desain fisiknya. Ia hadir dalam keseluruhan desain fisik yang berkelas dan bercirikan sebagai notebook premium.


Asus Vivobook S15 S510UQ ini memiliki bodi yang sangat ringkas di kelasnya. Notebook ini memiliki berat kurang lebih 1,5 kg dan ketebalan 1,79 cm. Dengan bodi yang tipis dan ringan, notebook ini sangat nyaman untuk ditenteng kemanapun.





Inovasi yang Asus sematkan pada layar Vivobook S15 S510UQ ini sangat menarik. Dengan bingkai laptop ala ukuran 14 inci, notebook ini memiliki panel layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Ukuran display yang luas ini diwujudkan oleh adanya teknologi bingkai NanoEdge sebesar 7,8mm, sehingga memiliki screen-to-body ratio sebesar 80% dan bezel super tipis pada bagian layar. Dengan begitu, ukuran layar menyajikan tampilan yang lebih luas dan solid.

Selain itu, panel layar beresolusi 1920x1080p tersebut dilapisi anti-glare dengan teknologi AHVA (Advanced Hyper Viewing Angle), panel LCD yang identik dengan panel IPS.
Display notebook ini juga didukung dengan teknologi 178° wide viewing angle yang menjamin kualitas warna dan kontras tetap tajam, saat dilihat dari sudut pandang manapun.


Untuk mengoptimalkan tampilan visualnya, notebook ini dilengkapi fitur optimasi khas Asus, yaitu Asus Splendid Technology dan Asus Tru2Life. Asus Splendid Technology ini memberi empat opsi mode tampilan, yaitu Normal, Vivid, Eye Care, dan Manual. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan tampilan personalisasi sesuai kenyamanan pemakaian. Selain itu, Asus Tru2Life mampu mengoptimalkan kontras dan ketajaman setiap piksel di setiap frame hingga 150% untuk menghadirkan kualitas gambar dan video yang memukau.



Pada bagian workstation, Asus Vivobook S15 S510UQ benar-benar menawarkan desain yang ergonomis di bagian keyboard, touchpad, dan bahkan fingerprint sensor. Dengan desain yang tanpa menyertakan dedicated numeric key, notebook ini memaksimalkan permukaan yang lega pada setiap tombolnya dan jarak antar tombol yang tidak berdekatan. Posisi layout keyboard juga ditempatkan lebih rendah dibandingkan dengan bodi notebook. Selain mempercantik workstation, penempatan layout tersebut dapat meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya.
Saat digunakan untuk mengetik, keyboard Asus Vivobook S15 S510UQ ini sangat nyaman dan lembut, karena tuts keyboard memiliki jarak tekan sebesar 1,4mm.  Desain tuts tersebut akan menyuguhkan pengalaman mengetik yang responsif dan menyenangkan.


Turun ke bawah, touchpad notebook ini sangat lembut dan responsif saat digunakan. Touchpad ini juga mendukung input multi-gesture dengan dukungan hingga 4 jari pada Windows 10.
Pada bagian pojok kanan atas touchpad juga dilengkapi dengan fingerprint scanner. Fitur sekuritas berbasis sidik jari ini mendukung fitur Windows 10 Hello yang memungkinkan pengguna dapat mengakses notebooknya secara personal dengan sidik jari. Sehingga fitur ini akan memastikan keamanan data milik pengguna dari pihak luar.



Untuk urusan ini, Asus Vivobook S15 S510UQ ini menyediakan konektivitas yang lengkap. Di sisi kiri, notebook ini menyediakan input device berupa dua port USB 2.0 Type-A dan satu SD card reader. Sedangkan di sisi kanan, dapat dijumpai lubang charger DC power input, satu port HDMI 1.4, satu port USB 3.1 Type-A, satu port USB 3.1 Type-C, dan 3.5mm combo audio jack. Teknologi USB 3.1 ini mampu memaksimalkan kecepatan transfer hingga 5x lebih cepat dibanding USB 2.0.
Asus juga melengkapi Vivobook S15 S510UQ ini dengan Bluetooth 4.1 dan 802.11ac Wi-Fi, teknologi Wi-Fi dengan kecepatan mencapai 867Mbps - 6x lebih cepat dari 802.11n.




Dengan baterai tiga sel berkapasitas 42Whrs, Asus Vivobook S15 S510UQ ini memiliki baterai polimer Lithium dengan umur pemakaian 3x lebih lama dibanding baterai silinder Lithium-ion standar. Dilengkapi teknologi SuperBattery yang akan memantau dan membatasi pengisian maksimal pada sel baterai. Teknologi quick-charge pada SuperBattery juga mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit.


Notebook ini juga memiliki aplikasi Asus Battery Health Charging yang memungkinkan pengguna untuk menentukan tingkat pengisian Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook secara manual pada 60%, 80% atau 100%. Sehingga dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai tersebut.


Untuk menunjang kualitas audio, Asus Vivobook S15 S510UQ ini dilengkapi Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers dan Digital Array Microphone. Notebook ini juga didukung oleh fitur Asus SonicMaster dan Asus AudioWizard. Asus AudioWizard menyediakan lima preset - Music, Movie, Gaming, Recording/Speech, dan Manual yang dapat disesuaikan audionya sesuai selera. Teknologi khas Asus ini dirancang untuk memberikan pengalaman audio terbaik bagi pengguna.




Dengan konfigurasi Ultra Low Voltage, tentu sistem pendinginan Asus Vivobook S15 S510UQ dapat dimaksimalkan. Ia dibekali dengan Asus IceCool Technology yang mampu menciptakan sistem pendinginan yang efisien serta dapat menjaga suhu pada area palm rest  rata-rata di bawah 35°C. Pengaturan cooling system yang terkontrol ini mampu memastikan kenyamanan pengguna dalam pemakaian secara maksimal.




  • Prosesor
    Intel® Core™ i5 7200U Processor
  • Sistem Operasi
    Endless OS
  • Memori
    4 GB DDR4 2133MHz SDRAM
  • Display
    15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display
  • Grafis
    NVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR5 VRAM
  • Storage
    Hard Drives:
    1TB 5400RPM SATA HDD
    Solid State Drives:
    128GB SATA3 M.2 SSD
  • Keyboard
    Chiclet keyboard
  • Card Reader
    Multi-format card reader (SD/SDHC)
  • WebCam
    VGA Web Camera
  • Networking
    Wi-Fi
    Integrated 802.11 AC (2x2)
    Bluetooth
    Built-in Bluetooth V4.1
  • Interface
    1 x Microphone-in/Headphone-out jack
    1 x USB 3.1 Type C port(s)
    1 x USB 3.0 port(s)
    2 x USB 2.0 port(s)
    1 x HDMI
    1 x Fingerprint
  • Audio
    Built-in Stereo 2 W Speakers And Microphone
    ASUS SonicMaster Technology
  • Baterai
    3 Cells 42 Whrs Battery
  • Adaptor Daya
    Plug Type :ø4 (mm)
    Output :
    19 V DC, 3.42 A, 65 W
    Input :
    100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
  • Dimensi
    NB:
    361.4 x 243.5 x 17.9 mm (WxDxH)
  • Berat
    NB:
    1.7 kg with Battery
  • Sekuritas
    BIOS Booting User Password Protection
    HDD User Password Protection and Security
  • Jaminan
    2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara



Dengan dukungan teknologi terbaru, Asus menyematkan otak berupa prosesor Intel generasi ke-7, yaitu Intel Core i5 7200U (3M Cache, up to 3.1GHz). Prosesor yang berjalan pada base clock speed 2.5GHz ini merupakan tipe Ultra Low Voltage. Dengan TDP maksimal hanya sebesar 15 Watt, mampu mengoptimalkan penggunaannya yang irit daya. Meski begitu, performa Asus Vivobook S15 S510UQ tetap bisa diandalkan dalam menangani proses komputasi apapun secara efisien dan maksimal.




Tak main-main, Asus juga melengkapi Vivobook S15 S510UQ dengan pengolah grafis diskrit berupa Nvidia GeForce GT 940MX dengan memori VRAM 2GB 64-bit. Kartu grafis yang sudah bertipe GDDR5 ini memiliki GPU clock 1083MHz dan clock boost mencapai 1189Mhz. Dengan spesifikasi Nvidia GeForce GT 940MX yang memadai, notebook ini dapat diandalkan dalam urusan multimedia dan gaming. Kartu grafis ini dapat menghasilkan performa gaming mulus pada setting medium-to-high dengan framerate yang cukup playable untuk dimainkan.





Pada sektor media penyimpanan, Asus Vivobook S15 S510UQ menyediakan kolaborasi dua jenis storage, yaitu SSD SATA 3 M.2 128GB dan HDD 1TB 5400rpm. SSD 128GB berinterface SATA ini cocok dijadikan sebagai media operating system, karena akan membuat proses booting dan loading operating system berjalan lebih cepat serta multitasking berjalan maksimal. Slot M.2 ini menawarkan opsi upgrade SSD hingga 512GB. Sedangkan HDD 1TB 5400rpm ini dapat dijadikan sebagai media penyimpanan berkas. Kombinasi dual storage ini akan mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam berbagai aktivitas dengan performa yang maksimal.


Di dalam storage Asus Vivobook S15 S510UQ ini sudah terinstall Endless OS. Sistem operasi berbasis Linux ini memiliki antarmuka yang intuitif dan aneka ragam fungsi dan fitur yang dapat digunakan pengguna dengan mudah. Endless OS juga telah dilengkapi berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat digunakan tanpa harus terhubung internet sekalipun. Sistem operasi ini didapatkan secara cuma-cuma. Meski begitu, jika ingin menggunakan sistem operasi lain seperti Windows, pengguna dapat menginstallnya sendiri setelah membeli lisensinya.




Sebagai alat untuk menopang performa prosesor dan kartu grafis, memori RAM 4GB DDR4 ditancapkan pada Asus Vivobook S15 S510UQ. Memori RAM ini berjalan pada frekuensi 2133MHz dengan konfigurasi single channel (1x4GB). Notebook ini menyediakan dua slot RAM, sehingga menyediakan opsi upgrade hingga 16GB pada konfigurasi dual channel.



Sebelum tiba ke tangan konsumen, Asus telah memastikan kualitas semua model notebook, termasuk Asus Vivobook S15 S510UQ melalui serangkaian proses pengujian ekstrim. Pengujian ekstrim seperti tes goncangan, tes getaran, tes jatuh, tes pemelintiran dan lain-lain dilakukan untuk menguji seberapa kuat daya tahan laptop Asus. Dengan begitu, Asus telah memberi bukti bahwa semua laptop Asus siap digunakan dalam kondisi apapun.




Asus memberikan jaminan garansi berupa Global Warranty selama 2 tahun. Jaminan garansi inilah yang sulit ditemui pada beberapa vendor yang mengklaim memberikan 3 tahun garansi. Padahal, garansi tersebut dideskripsikan sebagai 1 tahun garansi sparepart dan 2 tahun garansi jasa. Garansi berdurasi 2 tahun yang diberikan Asus ini mencakup biaya sparepart dan biaya service. Selama periode garansi tersebut, Asus akan memperbaiki atau mengganti komponen laptop yang rusak sesuai ketentuan garansi yang berlaku. Selain itu, Asus menjamin layanan purna jual yang aman dan nyaman melalui layanan Asus Service Center, Asus Authorized Service Partner (ASP), dan Asus Collection Point yang tersebar di kota-kota besar di setiap provinsi di Indonesia.




Dibanderol dengan harga Rp 9.799.000,-, Asus Vivobook S15 S510UQ ini merupakan pilihan terbaik di range harga di bawah 10 juta rupiah. Notebook ini menawarkan penampilan ultrabook, yaitu sebuah desain premium nan elegan yang menyajikan portabilitas dan mobilitas bagi penggunanya dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Tak hanya mempesona pada segi desain dan displaynya yang bezel-less, ia memiliki spesifikasi bertenaga yang diperkuat oleh prosesor Intel Core i5 7200U, grafis Nvidia GeForce GT 940MX, dual storage SSD 128GB + HDD 1TB, dan spesifikasi lainnya yang dapat diandalkan baik dalam pekerjaan sehari-hari, multimedia, gaming, dan lainnya. Dengan mengusung portabilitas yang diimbangi dengan fitur menarik dan kemampuan maksimal, rasanya tak ada yang mampu menyaingi keterjangkauan harga Asus Vivobook S15 S510UQ dibanding produk kompetitor lainnya.  Notebook seri Vivobook ini benar-benar menyajikan price-to-performance.



Asus
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S15-S510UQ/Features/
http://bit.ly/S510-Konten

Asus Product Guide
http://bit.ly/2uDFZnT

*Artikel review ini diikutsertakan dalam Asus Vivobook Surprise Writing Competition



Bagikan

Enjoy our articles

Review Asus Vivobook S15 S510UQ: Ultrabook Powerful di Bawah 10 Juta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Do you like our content? Subscribe us.