Rabu, 03 Oktober 2012

5 Negara Terkaya di Benua Afrika

Sudah lama nih artikel di ChrisAdd tidak terupdate. Untuk memperbarui blog tercinta, kali ini kita ngomongin soal benua Afrika. Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Benua ini identik dengan kemiskinan yang belum banyak teratasi. Akan tetapi, lambat laun benua ini mampu menunjukkan taringnya di dunia. Sudah cukup banyak negara di Afrika yang memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Berikut 5 negara terkaya di benua Afrika.

1. Guinea Equatorial (GDP per kapita $ 30.200)


Republic of Equatorial Guinea ini merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah. Banyak orang yang belum mengetahui, bahwa Guinea Equatorial ini merupakan negara penghasil minyak terbesar di Afrika. Walaupun menyandang predikat negara terkaya di Afrika, sekitar 70% warganya berada di garis kemiskinan. Salah satu faktor penyebabnya adalah korupsi. Hmmm, lagi-lagi korupsi...

2. Botswana (GDP per kapita $ 15.800)


Negara yang terletak di Afrika Selatan ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Pertambangan merupakan salah satu tumpuan ekonomi bagi warga Botswana. Selain itu, pariwisata margasatwa yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

3. Gabon (GDP per kapita $ 14.900)


Negara ini memiliki nama resmi yaitu Gabonese Republic. Gabon memiliki kekayaan mineral yang melimpah, tetapi jumlah penduduknya sedikit. Namun, hanya sedikit warga Gabon yang menikmati kekayaan Gabon, sehingga standar hidup penduduknya kebanyakan tetap moderat. Negara yang terletak di Afrika Tengah ini memiliki kesamaan dengan Indonesia, yaitu merdeka pada tanggal 17 Agustus, hanya selisih 5 tahun.

4. Libya (GDP per kapita $ 14.900)

Libya

Libya merupakan negara yang berlokasi di Afrika Utara. Ekonomi Libya tergantung pada sektor perminyakan. Walaupun transformasi ekonomi Libya cukup baik dan pesat, namun negara ini sering mengalami konflik dan permasalahan pengangguran.

5. Mauritius (GDP per kapita $ 12.400)


Mauritius merupakan negara kepulauan yang terletak di Afrika Timur. Perkembangan yang hampir di segala bidang cukup signifikan dan membaik. Bahkan tingkat pengangguran di tahun 2004 hanya mencapai level 7,6%. Walaupun hanya negara kecil yang terletak paling timur di benua Afrika, negara ini mempunyai eksistensi tersendiri di dunia.

Bagikan

Enjoy our articles

5 Negara Terkaya di Benua Afrika
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Do you like our content? Subscribe us.