Jumat, 07 September 2012

7 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia

Dewasa ini sudah banyak negara yang berlomba-lomba untuk membangun stadion yang internasional dan megah. Beberapa di antaranya merupakan salah satu stadion sepakbola terbesar dan berkapasitas tempat duduk penonton yang besar. Well, inilah 7 stadion sepakbola terbesar di dunia.

1. Estadio Azteca (105 ribu penonton)


Masyarakat Meksiko boleh berbangga karena stadion milik mereka merupakan stadion khusus sepakbola terbesar di dunia. Stadion yang berlokasi di Santa Ursula, Mexico City ini sudah dua kali menjadi tuan rumah putaran final kejuaraan Piala Dunia. Estadio Azteca ini menjadi markas resmi tim nasional Meksiko dan Club América.

2. Azadi Stadium (100 ribu penonton)


Stadion ini mendapat predikat sebagai stadion terbesar di Timur Tengah. Dibangun untuk menjadi host Asian Games 1974, stadion yang berlokasi di Teheran ini menjadi stadion resmi tim nasional Iran dan 2 klub Iran, Persepolis F.C. dan Esteghlal F.C.

3. Camp Nou (99 ribu penonton)


Di posisi ketiga, diduduki oleh Camp Nou milik klub Barcelona, Spanyol. Stadion ini merupakan stadion terbesar di benua Eropa. Arsitek dari bangunan ini adalah Francesc Mitjans, Josep Soteras, dan Lorenzo García-Barbón.

4. The Estádio do Maracanã (95 ribu penonton)


Stadion yang bernama resmi Estádio Jornalista Mário Filho ini merupakan milik Rio de Janeiro State Government. Stadion ini menjadi saksi bisu kemenangan Uruguay atas Brazil dengan skor 2-1 pada partai final Piala Dunia edisi 1950.

5. Wembley Stadium (90 ribu penonton)


Jika anda mengenal Wembley Stadium, pasti sudah tidak asing lagi dengan busur lengkungan di atas atap stadion tersebut. Stadion yang dibuka pada tahun 2007 ini merupakan milik dari Federasi Sepakbola asal Inggris, yaitu The Football Association (The FA). Sebelumnya lahan dari stadion ini adalah lahan Empire Stadium.

6. Westfalenstadion (80 ribu penonton)


Stadion ini mendapat sandangan sebagai stadion terbesar di Jerman. Stadion yang bernama resmi Signal Iduna Park ini menjadi markas klub Bundesliga yaitu Borussia Dortmund. Dibangun selama tahun 1971-1974 mendapat julukan "Yellow Wall" karena terkenal dengan warna utama dari stadion ini adalah kuning, ciri khas klub Borussia Dortmund.

7. Santiago Bernabéu Stadium (80 ribu penonton)


Stadion yang bernama lengkap The Estadio Santiago Bernabéu ini mulai dibuka pada tahun 1947. Stadion resmi klub Real Madrid ini berasal dari nama presiden klub legendaris mereka. Akan tetapi, saat ini rencananya nama stadion ini akan diganti Fly-Emirates Bernabéu atau Emirates Santiago Bernabéu untuk mendapatkan kucuran dana dari sponsor mereka, Fly Emirates.

Eitsss...Ngomong-ngomong mengapa Rungrado May Day Stadium milik Korea Utara atau Stadion Utama Gelora Bung Karno tidak masuk daftar ini? Alasannya, karena kedua stadion yang saya sebutkan diatas tadi merupakan stadion multifungsi. Jadi tidak dikhususkan untuk menggelar pertandingan sepakbola.

Semoga menambah wawasan untuk anda, ChrisAddict!!!

Bagikan

Enjoy our articles

7 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Do you like our content? Subscribe us.