Minggu, 12 Agustus 2012

7 Makanan dan Minuman yang Dapat Mengurangi Stres



Stres merupakan suatu hal yang biasa. Pasti semua orang pernah mengalaminya. Sebenarnya stres itu bisa dikurangi, salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Seperti apa? Check it out.

    1. Bayam



Saat anda stres, kadar magnesium dalam tubuh akan menurun. Untuk itu anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium, salah satunya bayam. Bayam ini juga berfungsi untuk meregulasi kadar kortisol, yaitu hormon penyebab stres.

    2. Ubi Jalar



Banyak sekali orang yang tidak suka dengan makanan ini, karena dianggap sebagai 'makanan kampungan'. Padahal ubi jalar ini mengandung zat-zat yang baik sekali untuk tubuh. Ubi jalar ini mengandung beta-karotin yang dapat membantu proses karbohidrat dalam tubuh. Saat anda kekurangan karbohidrat, anda akan merasakan capek/lesu, kurang konsentrasi, susah tidur, dan bahkan dapat menyebabkan depresi. Untuk itu anda membutuhkan makanan seperti ubi jalar ini karena karbohidrat akan mendorong otak untuk memproduksi serotonin, yaitu hormon yang memberikan rasa nyaman dan tenang. It's health food.

    3. Ikan Beromega 3



Ikan yang mengandung asam lemak Omega 3 ini dapat anda jumpai pada ikan tuna dan salmon. Selain mempunyai manfaat untuk mengurangi stres, juga untuk melindungi jantung. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsilah 3 ons ikan Omega 3 seminggu 2 kali.

    4. Alpukat



Kandungan lemak dan kalium dalam buah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan cara mengonsumsi kalium cukup. Dan kalium dalam alpukat ini mempunyai lebih banyak kalium daripada pisang.

    5. Jeruk



Vitamin C dalam buah ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat menormalkan tekanan darah serta menormalkan hormon penyebab stres (kortisol dan adrenalin).

    6. Susu


Susu mengandung tryptophan, yang akan diubah menjadi serotonin (penguat mood). Minuman yang satu ini juga mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang berguna sekali untuk meredakan stres.

    7. Teh Hijau dan Teh Hitam



Kalau minuman yang satu ini, jangan diragukan khasiatnya. Teh hitam ini dapat mengurangi hormon penyebab stres jika anda dapat meminumnya secara teratur. Teh hijau juga kaya akan theanine sehingga dapat membuat otot-otot anda lebih tenang dan rileks.

Bagikan

Enjoy our articles

7 Makanan dan Minuman yang Dapat Mengurangi Stres
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Do you like our content? Subscribe us.